Penyelesaian APBD Jadi Prioritas Kerja Bupati Hendy

Penyelesaian APBD Jadi Prioritas Kerja Bupati Hendy
Bupati Hendy saat jadi narasumber pada Dialog Publik, Wis Wayahe Jember Bangkit

JEMBER - Hendy Siswanto yang baru saja menjabat Bupati Jember harus memprioritaskan penyelesaian Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Jember tahun 2021 bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Jika tidak maka visi, misi dan prioritas program kerjanya dipastikan tidak akan berjalan. 

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Jember (UJ), Prof. Ir. Achmad Subagio, M.Agr., Ph.D., saat menjadi narasumber Dialog Publik dengan tema Wayahe Jember Bangkit di ruang utama Gedung DPRD, Kamis (4/3/2021). Hadir pula di depan panggung Ketua DPRD, Itqon Syauqi dan Bupati Jember, Hendy Siswanto. Dialog Publik dimoderatori Hari Setiawan seorang jurnalis senior dari Jember dan disiarkan secara luring maupun dalam jaringan (daring)

Subagio membeberkan kondisi Jember dengan data terakhir. Data IPM Jember tahun 2018 rendah yaitu 68, 74 (BPS) menempati urutan bawah se-Jatim. "Artinya ada masalah besar Pembangunan Manusia di Jember, " kata Subagio. 

Angka Harapan Lama Sekolah (HLS) 13, 42 tahun tapi Rata-rata Lama Sekolah (RLS) 6, 48 tahun. Padahal di Jember banyak sekolah bahkan banyak perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. 

Belum lagi masalah kesehatan, masih kata Subagio, Angka Kematian Ibu (AKI) cukup tinggi nomer 5 di Jatim. Angka Kematian Bayi (AKB) juga tertinggi di Jatim.

Di bidang ekonomi, laju percepatan 5, 51% lebih rendah dari Jatim dengan kontraksi - 2, 39. "Artinya perekonomian warga Jember lebih rentan pada masa Pandemi Covid-19, " ungkapnya. 

Dari hasil kajian dan penelitian tim LP2M UJ APBD memiliki peran sebagai pemicu dan motor penggerak ekonomi. "Karena peran APBD sangat tinggi sekali dalam pergerakan ekonomi lokal, " tandas Subagio. Ia mengingatkan agar Bupati dan jajarannya bekerja ekstra keras dengan DPRD agar menyelesaikannya bulan ini juga sebab jika tidak maka program kerjanya tidak akan terlaksana. "Kalau perlu tidur di sini nanti kita (warga) yang menyiapkan segala kebutuhan Bupati dan wakil rakyat, " kata Subagio disambut tepuk tangan hadirin.

Bupati Jember di awal acara berbicara bahwa dirinya membuka ruang komunikasi dengan semua. "Setelah dialog ini bentuk tim kecil, kami (Pemkab Jember) siap menindaklanjuti, " ucap Hendy. 

Moderator juga memberikan kesempatan pada peserta untuk berbicara. 

Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Nurhasan, katakan bila nanti APBD cair minta alokasi untuk sektor pertanian ditambah. Wakil ketua komisi D di DPRD itu mengatakan, "Sumbangan PDRB dari sektor pertanian cukup besar, hampir 30 persen". 

Hal senada juga disampaikan Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia di Jember (HKTI), Jumantoro. "Tolong Pak Bupati, gimana caranya petani tidak kesulitan mendapatkan modal, " katanya. 

Selama ini petani selalu pinjam ke Bank (banyak di Bank Harian) berbunga tinggi. "Selesai panen uangnya habis buat bayar hutang. Kalau mau tanam pinjam lagi, tak re mare, " ucap Jumantoro dengan logat khasnya. (Sigit)

JEMBER JATIM
Sigit Priyono Azeta

Sigit Priyono Azeta

Previous Article

TMMD Ke 110 Kodim 0824/Jember Dapat Dukungan...

Next Article

Program Pembangunan Fisik, Pasukan TMMD...

Related Posts

Peringkat

Profle

Syafruddin Adi

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 118

Postingan Tahun ini: 557

Registered: Sep 25, 2020

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 52

Postingan Tahun ini: 1005

Registered: Sep 22, 2020

Suhardi

Suhardi

Postingan Bulan ini: 47

Postingan Tahun ini: 536

Registered: Sep 22, 2020

H. Syamsul Hadi, S.Pd

H. Syamsul Hadi, S.Pd

Postingan Bulan ini: 40

Postingan Tahun ini: 184

Registered: Jan 24, 2021

Profle

Azhar Harahap

Akhirnya Terjawab Sudah, MK Terima Gugatan  Dan Mengadili Perkara PSU Pilkada 2020
Sat Narkoba Polres Bantaeng Amankan 2 Warga dan 1 Oknum Polisi, Tes Urine Positif
Aneh, Oknum Bendahara DPRD Jeneponto Bawa Kabur Uang Negara Rp500 Juta, Sekwan: Itu Alami Tak Perlu Dipersoalkan
Status Prodi Teknik Sipil dan Elektro di UKI Toraja, Legalitas Ijazahnya Dijamin

Follow Us

Recommended Posts

Cegah Penyebaran Covid 19, Muspika Kaliwates, Sambut Kepulangan PMI di Lokasi Isolasi Hotel Kebonagung Jember
Operasi Yustisi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Covid 19 Kabupaten Jember, Tindak Tegas Pelanggar
Bupati Tetapkan Edamame Jadi Bagian Ikon Kabupaten Jember
Bagi Masker Dan Takjil Gratis Sambut Ramadhan Dan Diesnatalis, UKM KSR Politeknik Negeri Jember
Tony Rosyid: Anies Berpotensi Jadi Tokoh Fenomenal di 2024